Bantu Penanggulangan COVID, PPSU Kayu Putih Produksi Peti Jenazah

By Al


nusakini.com - Jakarta - Untuk membantu penanggulangan COVID 19, PPSU Kelurahan Kayu Putih, Pulogadung, Jakarta Timur, memproduksi peti jenazah. Peti jenazah tersebut untuk warga yang meninggal dunia di rumah karena COVID 19.

Lurah Kayu Putih, Artika Ristiana mengatakan, peti jenazah dibuat lima anggota PPSU dengan menggunakan tripleks tebal lima lapis. Material ini bantuan dari Basnas Bazis Jakarta Timur.

"Pembuatan peti jenazah ini sudah memproduksi tujuh peti jenazah," tutur Artika

Menurut Artika, petugas PPSU tidak rutin memproduksi peti jenazah setiap hari. Namun, dibuat sesuai kebutuhan. Jika ada warga yang membutuhkan langung diberikan.

Sekretaris Kelurahan Kayu Putih, Parno menambahkan, pembuatan peti jenazah ini pada dasarnya untuk penanganan jenazah yang meninggal dunia di rumah dan terindikasi akibat COVID 19.

"Warga yang keluarganya meninggal dunia melapor ke RT/RW dan diteruskan ke kelurahan. Kita cek dulu kelengkapannya termasuk hasil swabnya dan kita laporkan ke puskesmas selaku tim pemulasaran jenazah. Dari situ peti jenazah kita antarkan bersama dengan tim puskesmas," papar Parno.

Parno mengungkapkan, pihaknya memberdayakan skill dan kreatifitas sejumlah anggota PPSU dalam upaya percepatan pelayanan penanganan COVID-19.

"Tercatat dari tujuh peti jenazah yang sudah diproduksi, tiga di antaranya sudah didistribusikan ke warga yang membutuhkan," tandasnya.